Belajar Wordpress dengan InstantWP

    Tidak terasa, 5 bulan sudah, rumah online saya, blog ini, tidak saya urusi, tanpa menambah post, maupun sekedar untuk menulis komentar. Nafsu menulis sedang kekurangan bahan bakar. Tidak hanya di blog, di mikroblogging pun juga termasuk pelit untuk sekedar menulis status maupun memberi komentar. 
Entah apa yang sekarang ini saya rasakan, tiba-tiba perasaan bersalah muncul, salah karena telah menelantarkan rumah yang telah sekian lama ditempati, tanpa mau mengunjungi apalagi mengisi. Sebelum membuat tulisan ini, terlintas dalam bayangan akan keribetan dalam pengelolaan blog menggunakan blogspot, walaupun akhirnya terkejut juga ketika mau menulis disini, tampilan menu blogspot sudah banyak berubah dan lebih mudah digunakan.
    Wordpress, sebagai aplikasi blogging, konon banyak kelebihannya (tentu juga ada kelemahannya) ketika dibandingkan dengan blogspot. Untuk dapat mengeksplorasi Wordpress secara maksimal, maka kita harus menggunakan web hosting dan nama domain sendiri. Sementara untuk hosting gratisan, penginstalan di server juga agak ribet, karena mereka tidak mendukung instalasi otomatis lewat C-panel (akhirnya ketemu juga hosting gratis yang memberi layanan instal Wordpress dll lewat C-panel, di http://id.hostinger.com). Sementara untuk instalasi di server lokal/ di pc, pengaturannya juga harus dengan sedikit kerja keras, terutama pada saat pembuatan database nya. 
    Sementara untuk menggunakan layanan gratis yang disediakan oleh Wordpress.com, banyak pembatasan yang dilakukan pihak, seperti kita tidak bisa menambahkan kode-kode html, juga pilihan theme yang hanya bisa menggunakan theme yang tersedia. Fasilitas upload theme yang kita unduh dari internet tidak bisa kita pasangkan pada blog wordpress kita. Fasilitas lengkap hanya disediakan untuk pengguna berbayar.
    Setelah jalan jalan ke sana dan kesini atas petunjuk paman google, akhirnya ketemu juga cara yang paling praktis untuk belajar Wordpress, yaitu Instant Wordpress. Cukup mudah instalasi Instant Wordpress di komputer lokal. Tinggal install, maka segala urusan langsung beres dan kita tinggal pakai. Yang lebih menarik lagi, Instant Wordpress tidak meninggalkan jejak pada registry maupun sistem komputer yang digunakan. Sehingga folder tempat instalasi Instant Wordpress bisa dipindah kemana saja termasuk ke dalam flashdisk menjadikan Wordpress bersifat portable.
    Tidak usah banyak cing dan cong, sedikit saya buatkan tutorialnya, eee siapa tahu ada yang berminat.
  1. Download aplikasi Instant Wordpress langsung dari sumbernya  di sini.
    (saat tulisan ini ditulis Instant Wordpress versi 4.1)
  2. Install file hasil download ke drive/folder yang anda inginkan, bisa di harddisk komputer maupun di flashdisk.Setelah instalasi akan terbentuk folder InstantWP_4.1
  3. Buka folder hasil instalasi, jalankan file InstantWP. 
  4. Wordpress Frontpage untuk melihat tampilan wordpress pada browser default anda, atau bisa juga langsung mengetikkan alamat http://127.0.0.1:4001/wordpress/ pada address bar untuk melihat tampilan depan Wordpress (selama jendela InstantWP terbuka)
  5. Wordpress Admin untuk membuka halaman pengaturan wordpress. Bisa juga langsung memasukkan http://127.0.0.1:4001/wordpress/wp-admin.php pada address bar.
  6. Empat menu lainnya, untuk pemula mungkin tidak perlu dipusingkan karena mungkin belum begitu diperlukan, untuk yang sudah master tentu tidak asing lagi.
  7. Jika sudah capek mengoprek Wordpress nya, maka jendela InstantWP bisa ditutup, maka akses ke http://127.0.0.1:4001/wordpress/ tidak lagi dapat dilakukan.
    Demikian tutorial singkat InstantWP, semoga berguna, dan Insya Allah pada tulisan berikut, akan saya sampaikan tutorial mengubah theme Wordpress. Karena Ngeblog tidak sebatas membuat tulisan saja. tetapi juga modifikasi pada tampilan / theme, sehingga bisa tampil beda dibandingkan dengan blog milik orang lain.

Komentar

  1. Alhamdulillah, sampai sekarang tidak ada yang mengunjungi

    BalasHapus
  2. Mau saya kunjungi kok dah dikomentari duluan pak.. hehe
    Belum coba install InstanWp nya, kelihatannya menarik.

    BalasHapus
  3. tutorialnya oke, pak jai. hosting gratis memang bisa dijadikan sbg sarana utk berlatih menggunakan engine apa pun, termasuk wordpresss, sebelum memutuskan utk memiliki domain dan hosting sendiri.

    BalasHapus
  4. lumayan sudah ada 2 pengunjung.
    Bu suka: kelebihan yg instant offline itu pasti cepat karena tidak tergantung koneksi internet, bisa kita pelajari tanpa harus lama menunggu loading dll. Tapi kalau bu suka kan sudah jagonya, saya kira ya nggak perlu perlu amat sih untuk nginstal instan wordpressnya, langsung aja dioprek blognya lebih oke.
    pak sawali: ini belum sampai hosting kok pak, masih offline. tapi kelebihannya kan ini portable, jadi tidak perlu instal ini itu, tinggal jalankan langsung pakai, bahkan lewat flashdiskpun bisa.

    BalasHapus
  5. id.hostinger sekarang dah gak kayak dulu lagi pak...
    kalo sekarang blog rame dikit udah di hajar suspend :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tahu saya, saya juga punya web pembelajaran yang hostingnya di id.hostinger. Mungkin karena belum banyak pengunjungnya ya, jadi belum di hajar suspend. Mungkin perlu mempertimbangkan hosting lain.

      Hapus
  6. ane coba dulu gan, siapa tahu cocok pake instanwp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silahken. Lumayan jika untuk belajar, tidak tergantung internet.

      Hapus
  7. terus jika mo pake instantwp gimana? cara login nya gimana? saya tidak bisa login ya? ada keterangan phpMyAdmin – Error

    Cannot start session without errors, please check errors given in your PHP and/or webserver log file and configure your PHP installation properly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak bisa login dengan pesan diatas, mungkin instant wordpress nya sudah tertutup. Jika terbuka, coba masuk dengan nama pengguna "admin" dan kata sandi: "password"
      Silahkan dicoba lagi, semoga sukses.

      Hapus
    2. Link download Instant wordpress asli dari sumbernya; http://www.instantwp.com/go/instantwp43/

      Hapus
    3. Terima kasih infonya gan...

      Hapus
  8. Terima Kasih Infonya.
    Yuk Sedekah Bantu Anak Yatim & Dhuafa di Panti Asuhan Jakarta

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar