02 Agustus 2011

Antara Akreditasi dan Puasa

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002. Akreditasi sekolah bertujuan untuk : (a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan (b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah.
Fungsi akreditasi sekolah adalah : (a) untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah, (b) untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan (c) untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.
Beberapa sekolah di di Kabupaten Kendal, bulan Juli dan Agustus ini menjalankan proses akreditasi, karena akreditasi berlaku selama 4 tahun. Setelah 4 tahun, tepatnya 6 bulan sebelum masa akreditasi habis, maka sekolah harus mengajukan akreditasi. Sebelum diakreditasi, maka sekolah harus mengadakan evaluasi diri. Evaluasi diri adalah upaya sistematis untuk mengumpulkan, memilih dan memperoleh data dan informasi yang valid dari fakta yang dilakukan oleh sekolah yang bersangkutan, sehingga diperoleh gambaran menyeluruh tentang keadaan sekolah untuk dipergunakan dalam rangka pengambilan tindakan manajemen bagi pengembangan sekolah.
Dengan akreditasi, sekolah diharapkan akan mengalami peningkatan dalam kinerja. Temuan dalam akreditasi maupun evaluasi diri digunakan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan di masa mendatang. Nilai akreditasi, semestinya meningkat dari tahun ke tahun, karena kekurangan pada tahun sebelumnya sudah dapat diatasi.

Manusia, sebagai makhluk yang lemah, salah dan khilaf yang selalu menyertainya, serta syaitan yang selalu menunggu celah untuk ikut berpartisipasi mewarnai tingkah laku manusia, juga patut untuk selalu diakreditasi. Seberapa banyak kesalahan pada tahun ini, perlu dievaluasi dan diminimalisir pada tahun mendatang. Momen akreditasi manusia mestinya setiap saat. Kapan seseorang berbuat salah, saat itu pulalah harus diakreditasi. Adapun momen akreditasi manusia yang dilakukan secara bersama-sama, setiap tahun sekali adalah pada bulan Romadhon dengan berpuasa. Dengan berpuasa manusia seharusnya mengkoreksi diri sendiri, perbuatan salah apa yang telah dilakukan selama setahun belakangan ini. Kemudian memohon ampun kehadirat Nya dengan ikhlas dan berjanji untuk tidak mengulangi, Insya Allah akan diampuni.
Marilah pada bulan suci ini, kita koreksi kesalahan-kesalahan kita, mohon ampun kepada Allah, berjanji untuk mengulangi, memperbanyak amal serta ibadah, semoga kita dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang bertakwa. amin.
Selamat menunaikan ibadah puasa 1432 H / 2011 M

7 komentar:

  1. di sekolah saya masih banyak kesibukan, pak jai. bener2 diundur sekitar tanggal 12-13. selamat atas selesainya akreditasi di sekolah panj. semoga mendapatkan hasil maksimal dengan nilai A bulat penuh, hehe ...

    BalasHapus
  2. Amin.Ketika akreditasi diundur, kadang bukannya semakin sempurna dan semakin mantap persiapannya, tapi justru bertambah setressnya, karena semakin dicermati, semakin banyak saja kekurangannya. Semoga di sekolah pak Sawali nanti hasilnya juga memuaskan, A gemuk.

    BalasHapus
  3. kriteria untuk mendapatkan akreditasi bagus gimana caranya pak? trims

    BalasHapus
  4. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa pak, lama nggak ketemu

    BalasHapus
  5. @gajah pesing:
    untuk mendapatkan nilai akreditasi sekolah yang bagus tentu kita harus mencermati setiap poin yang ada dalam kedelapan standar nasional pendidikan.
    sedangkan untuk mendapatkan nilai akreditasi diri sendiri yang baik, tentu dengan lebih mendekatkan diri kita kepada sang Khalik, serta mempelajari agama secara lebih mendalam, diikuti dengan mengamalkannya, (berlagak ustadz)
    @pak Sholeh:
    iya juga ya pak, lama sekali tidak nyambung. Selamat puasa juga pak.

    BalasHapus
  6. semoga tidak hanya menjadi ritualitas tok......

    BalasHapus
  7. lha ini penyakit di negeri ini.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar