05 September 2010

Instal Windows pada Netbook



Sudah berhari-hari OS Windows yang terinstal pada netbook ngambek, untungnya Linux Ubuntu masih lancar-lancar saja, karena memang tidak serewel si Windows. Sebenarnya bisa saja saya diamkan, tapi eman-eman, wong itu juga windows ori, karena dari pabriknya memang sudah ada windows nya. Sebenarnya sih mau beli yang non OS supaya lebih murah, sayang netbook yang saya taksir semua sudah ada windowsnya. Pada suatu kesempatan, saya berniat untuk menginstall ulang si jendela itu. Tapi betapa terkejutnya (ini sengaja di dramatisir) begitu tahu netbook tidak ada CD/DVD drive nya. Mau beli? wah nggak mungkin, apalagi lebaran sudah dekat, CD/DVD drive eksternal tentu menjadi prioritas ke 1001. Untuk mengatasi masalah ini, tentu bantuan dari guru besar Google menjadi andalannya.
Untuk linux Ubuntu, masalah menjadi mudah, karena memang ada fasilitas di linux untuk membuat flashdisk bootable untuk keperluan install, tapi tidak ada menu tersebut pada windows. Ada banyak cara untuk membuat flashdisk dapat digunakan untuk menginstall Windows sebanyak cara menuju Roma. Hanya satu cara yang saya gunakan dan kebetulan sukses. Begini caranya:
  1. siapkan flashdisk, untuk windows vista dan/atau 7 yang berukuran 4 Gb.
  2. gunakan laptop/PC lain yang menggunakan windows vista / 7
  3. Colokkan flashdisk ke tempat yang semestinya.
  4. masuk ke command prompt (sama dengan terminal di Linux) dengan memilih Start - All Programs - Accesories - Command Prompt, klik kanan, lalu pilih "Run As Administrator". Ingat harus Run As Administrator supaya urusan tidak berbelit kelak kemudian hari.
  5. ketik diskpart dan pungkasi dengan enter, maka command prompt nya menjadi DISKPART>
  6. ketik list disk untuk menampilkan disk yang terpasang di komputer. Flashdisk yang kita siapkan dapat diketahui dari kapasitasnya, misal kapasitas flashdisk kita 4 Gb, maka akan tampak Mb, kemudian lihat sebelah kanannya dan kanannya lagi adalah alamat flashdisk kita, misal disk 1, disk 2 dst. Ambil contoh flash disk saya di disk 1.
  7. Ketikkan perintah-perintah berikut:
    select disk 1

    clean

    create partition primary

    select partition 1
    active

    format fs=NTFS

    assign

    exit
    Apabila tidak ada masalah, maka lanjut langkah berikutnya.
  8. siapkan DVD instalasi Windows 7 dan masukkan ke drive nya, anggap saja CD drive saya adalah drive E:, dan flashdisk saya adalah F:, ketik
    e: cd boot
    bootsect /nt60 f:
    sekarang flashdisk sudah bisa digunakan untuk booting.
  9. langkah terakhir adalah mengkopi semua file yang ada di DVD windows ke flashdisk, jika masih ada tempat, bisa juga dikopikan file lain seperti office, antivirus serta utility lainnya sehingga bisa all in one. Nah sekarang flashdisk siap digunakan untuk menginstal netbook.
Sebelum mulai menginstal, yang perlu diingat adalah dengan booting melalui flashdisk, caranya dengan mengganti prioritas booting atau dengan menekan tombol tertentu pada saat booting untuk menampilkan boot options.
Proses instalasi terasa lebih cepat dibanding menggunakan DVD. Setelah selesai, masalah barupun timbul, windows nyelonong begitu saja, GRUB linux yang digunakan untuk memilih sistem operasi yang digunakan hilang, dan linux pun tidak dapat digunakan (sementara). Untuk mengatasi masalah ini, tunggu saja laporan selanjutnya.

4 komentar:

  1. @pak Mars
    semangkin sering menginstal, menjadi semangkin sebel....

    BalasHapus
  2. alhamdulillah, sukses, ya, pak jai, instal-nya. memang eman2, kalau si jendela ori dinengke, tanpa disapa aruh, hehe ....

    BalasHapus
  3. @pak sawali
    Itu masalahnya pak, maunya beli yg kosongan, ee... adanya yg sudah isi ori.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar