Windows Live Writer

clip_image002 

Dalam urusan nulis menulis blog, banyak alternatif layanan pembuatan blog mulai dari yang gratis sampai yang harus mbayar. Dari sekian banyak layanan blogging, beberapa diantaranya yang cukup banyak pemakainya adalah blogger, wordpress dan multiply, disamping juga beberapa yang lain. Penulisan artikel pada suatu blog umumnya dilakukan secara online, sehingga bagi yang menggunakan akses internet yang tidak unlimited terutama yang time based, hal ini menjadikan membengkaknya tagihan. Apalagi kalau aktivitas blogging dilakukan lewat warnet.

Untuk menyiasati hal tersebut, berikut ada beberapa alternatif pemecahan masalah yang mungkin dapat digunakan:

  1. Jika anda blogging lewat warnet, maka melamarlah menjadi karyawan warnet. sehingga tidak perlu dipusingkan dengan billing warnet yang terus berjalan.
  2. Buatlah artikel menggunakan program pengolah kata / teks secara offline misalnya menggunakan office word, atau notepad. Setelah selesai, ketika online, artikel tersebut tinggal di copy paste dalam postingan. Tentunya tinggal melakukan beberapa setingan yang pas. ini tentu akan sangat menghemat waktu. Cara ini dapa dilakukan ketika aktivitas blogging dilakukan lewat warnet atau melalui time based dial up.
  3. Gunakan software pendukung penulisan artikel secara offline. Ada banyak software seperti ini yang bertebaran di internet. Anda dapat melakukan googling untuk itu. Salah satu yang menjadi pilihan saya adalah Windows Live Writer buatan Microsoft. Software ini dapat digunakan untuk menulis artikel pada blog-blog terkenal seperti blogger yang saya gunakan saat ini.

Akan tetapi ada sedikit yang mengganjal pada benak saya, yaitu, software ini tidak mendukung read more … untuk penulisan yang panjang. Seperti pada contoh artikel saya yang pertama menggunakan Windows Live Writer berjudul Oh Malaysia, read more ada pada bagian akhir artikel, sehingga klik pada readmore hanya untuk menampilkan komentar saja. Ini tentu diluar sekenario.

Maka dengan penuh rasa penasaran, saya cari-cari setingan yang ada di Windows Live Writer, dan akhirnya memang tidak ada … hahahahaha … . Maka, mau tidak mau, pengubahan dilakukan secara manual.

  1. Masuk ke blogger, kemudian masuk ke tab pengaturan – format. Bagi yang sudah menggunakan read more … pada kotak template posting terdapat script
    <span class="fullpost">

    </span>
    Nah, script tersebut dihapus saja.

  2. Kemudian, pada saat mengedit / membuat artikel dengan Windows Live Writer, masuk ke tab source, nah disanalah kita dapat memasukkan script

    <span class="fullpost">

    </span>
    Script tersebut mengapit artikel yang akan disembunyikan (ditampilkan ketika klik read more …).

Dan hasilnya seperti yang tersaji dihadapan anda saat ini.

Komentar

  1. Weh...
    Hebat Pak, tulisane wis memenuhi karya ilmiah mergane wis teoritis sekali.

    Selamat menulis...

    BalasHapus
  2. Pak mar, karya ilmiah kok wonten blog ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar