03 Desember 2008

Bis Paling Kecil Paling Menjengkelkan


Bis adalah alat transportasi massa yang efisien karena dapat membawa banyak penumpang dalam sekali angkut. Nah disini saya tidak akan membahas bis sebagai sarana transportasi, tetapi membahas bis paling kecil tetapi paling menjengkelkan, yaitu "bisul"

Dalam beberapa hari ini, saya memang tidak menengok apalagi mengupdate blog saya. Hal ini dikarenakan adanya bisul yang tumbuh dan berkembang diatas bibir yang sungguh sangat menyiksa. Rasa sakit pada bisul menjalar sampai kepala. Mula-mula di atas hidung, kemudian mengungsi ke atas bibir sehingga bibir bengkak seperti habis dihajar Chris John. Tapi Alhamdulillah, sekarang si bisul sudah pergi meninggalkanlku, sehingga bisa buat artikel lagi. Saya penasaran apa sebenarnya penyebab bisul? Berikut adalah penjelasannya.
Bisul adalah radang pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya. Penyebab tersering adalah bakteri, biasanya Staphylococcus aureus, karena itu bisul dapat juga diartikan sebagai infeksi lokal pada kulit dalam. Awalnya hanya folikel rambut yang terinfeksi, tetapi karena adanya gesekan, iritasi, dan kurang bersihnya perawatan tubuh, infeksi tersebut dapat menyebar ke jaringan sekitarnya, dan menjadi bisul. Penyebab awalnya dapat juga karena rambut yang tumbuh ke dalam, luka, atau masuknya benda asing ke dalam kulit.
Bisul biasanya berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama kelamaan akan menjadi lebih keras. Kemudian di tengah benjolan tersebut akan terbentuk puncak berwarna putih - yang akan memecah atau harus dikeluarkan oleh dokter (melalui prosedur bedah minor). Cairan yang keluar ini disebut nanah, berisi sel darah putih (yang dikirim tubuh untuk melawan bakteri yang menginfeksi daerah kulit tersebut), bakteri dan protein.
Bisul dapat juga disebabkan karena tersumbatnya kelenjar minyak, yang kemudian terinfeksi. Bisul seperti ini dinamakan akne kista biasanya terjadi di kulit wajah para remaja.
Lain lagi dengan bisul yang disebut hidradenitis suppurativa, disebabkan oleh radang lokal kelenjar keringat. Biasanya bisul yang timbul lebih dari satu buah, lokasinya di daerah ketiak atau pangkal paha. Dan yang terakhir adalah bisul yang disebut kista pilonidal, biasanya terjadi di lipatan bokong. Awalnya hanya berupa infeksi di folikel rambut, kemudian ditambah dengan iritasi dari tekanan karena duduk terlalu lama, biasanya saat travelling lama, maka terbentuklah bisul ini.
Tempat tersering terjadinya bisul adalah di daerah tubuh yang banyak terjadi gesekan, misalnya di ketiak dan bokong. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan apabila sudah terlihat akan terjadi bisul, adalah segera kompres dengan air panas (hangat), yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke tempat tersebut. Pengobatannya adalah dengan krim atau salep antibiotik (harus dengan resep dokter). Tetapi apabila tidak membaik, untuk bisul yang telah bermata/ada puncak putihnya, dokter akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan nanah. Bisul yang padat, sakit dan tidak bermata jangan dipijat karena tidak akan ada nanah yang dapat dikeluarkan.
Apabila bisul banyak, atau ada demam di badan, maka harus ditambah dengan obat minum antibiotik. Apabila bisul terjadi berulang-ulang, maka harus dicari faktor yang mendasarinya, yaitu apakah ada penyakit kencing manis, penyakit ginjal berat, penyakit berat, menurunnya daya tahan tubuh pada orang tersebut atau orang yang telah berusia lanjut. (sumber metrotv)

9 komentar:

  1. Tetep lebih kecil BISULNYA BISUL.
    Maksudnya bisul yg dulu mbisuli Pak Rochman itu bisulen...
    Pasti CILIR...

    BalasHapus
  2. Kalau bisulnya bis mestinya besar ya pak

    BalasHapus
  3. Wah njenengan habis kena bisul kok jadi seperti pakar Bisul pak penjelasannya runtut banget, enaknya buka praktek spesialis bisul saja pak

    BalasHapus
  4. walah, tak kira arep mbahas bus curug sewu, wakakaka, ternyata bisul. kalau di tempat kelahiran saya itu namanya udunen. baru lega setelah mecah dan matanya kena dicongkel. moga2 cepet2 teratas pak jaitoe udunnya itu. memang terasa kurang nyaman, apalagi kalau harus berada di depan murid, haks.

    BalasHapus
  5. Kepada pakar Udun, kalo sudah tuntas rekan2 blogger diundang untuk bancaan sega kluban di kasih ghereh teri, wah mak nyus, anti udun kok pak

    BalasHapus
  6. hari gini masih ada yang bisulen ...:) salam kenal mas rochmania...aku juga wong kendal, tepate podosari cepiring... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya namanya bisul mas, tak kenal hari gini atau hari gitu. Salam kenal kembali.

      Hapus

Silahkan berkomentar