12 Desember 2008

Ali Alatas


Innalillahi wa innalillahi roji'un. Telah meninggal dunia seorang putra bangsa, seorang diplomat termasyhur tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Beliau adalah bapak ALi Alatas. Meninggal dunia di rumah sakit Mt Elizabeth, Singapura pada tanggal 11 Desember 2008.
Hal yang menarik bagi saya sehingga membuat artikel ini adalah karena, dari sekian banyak menteri, yang paling sangat ingat adalah Ali Alatas. Sekian banyak kabinet berganti, sekian banyak menteri berganti, beliau yang paling saya ingat, yaitu mantan Menteri Luar Negeri. Sebagai diplomat ulung, alumnus FH UI ini dipercaya sebagai penasihat luar negeri lima periode kepresidenan yang berbeda. Disini tampak sekali kepiawaian beliau dalam hal diplomasi terutama diplomasi luar negeri.
Selain sebagai menteri, beliau juga menjadi wakil tetap RI di PBB. Bahkan pada tahun 1966 dinominasikan sebagai calon sekjen PBB. Beliau juga paling getol membela Timor Timur di dunia Internasional. Sayangnya, pembelaan beliau menjadi tidak ada artinya ketika Presiden BJ Habibi memberikan kebebasan warga Timtim untuk memilih antara merdeka atau tetap menjadi wilayah RI melalui referendum. Hasilnyapun telah kita ketahui, Timtim menajadi negara merdeka. Tentu dimasa hidupnya, beliau sangat menyesalkan hal tersebut.
Semoga arwah beliau diterima disisi Nya, diterima seluruh amal kebaikannya, dan diampuni dosa-dosanya.

6 komentar:

  1. innalillahi wainnailaihi rajiun, semoga diampuni segala desanya dan diterima semua amal baiknya. turut berduka cita, pak.

    BalasHapus
  2. turut berduka...semoga arhwahnya diterima disisiNya

    BalasHapus
  3. Pak Ali Alatas terkenal lah pokoknya...

    BalasHapus
  4. sumpah saia belum ketemu dengan beliau, walau cuma sekedar kenal n tahu aja

    BalasHapus
  5. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Nya
    Amien

    BalasHapus
  6. SemogA Beliau termasuk Khusnul Khotimah

    BalasHapus

Silahkan berkomentar