Mencicipi Wordpress



Blog merupakan salah satu cara terkini untuk berbagi informasi serta mengekspresikan diri ke seluruh penjuru dunia. Blog dapat dimiliki oleh siapa saja baik perorangan maupun kelompok. Banyak penyedia jasa layanan blog, ada yang gratis, adapula yang berbayar, tergantung dari keadaan ekonomi dan moneter pembuat blog.

Saya sendiri memiliki 2 buat blog (bukan berarti poligami, wayuh apalagi selingkuh). Blog yang sedang anda baca ini rochmaniac.blogspot.com adalah blog yang berbahasa satu bahasa Indonesia. Blog yang lain, pakneharis.blogspot.com berbahasa ibu, bahasa Jawa. Keduanya menggunakan jasa layanan blog yang disediakan blogger. Alasannya sangat jelas, demi menjunjung tinggi kemudahan, tidak perlu bersusah apalagi payah untuk belajar lagi dengan jasa layanan blog yang lain. Sayangnya, blog yang berbahasa Jawa seperti hidup enggan mati tak hendak, jarang diperhatikan, tidak pernah di update sehinga tidak ada kunjungan sekedar blogwalking atau say hello. Blog yang inipun walaupun bernasib lebih baik tetapi tidak begitu jauh dengan saudaranya. Postingan yang jarang merupakan indikator betapa malasnya pemilik blog dalam memelihara blognya.

Pada saat mengikuti pertemuan pengurus MGMP IPA SMP/MTs Kab. Kendal, kepala rasanya seperti terkena palu godam yang membuat saya terkapar tak berdaya dan belum bisa bangkit walaupun sampai hitungan ke sepuluh. Demi mendengar sambutan dari wakil ketua MGMP IPA bahwa kita harus punya blog sebagai media untuk menyampaikan informasi dan berbagi. Kalimat tersebut menyadarkan saya, posisi saya sebagai seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dua tahun sebagai pengurus, tetapi belum ada tindakan nyata saya walaupun hanya sekedar membuat blog. Untungnya sebagai pengurus MGMP tidak ada gajinya, sehingga tidak perlu makan gaji tuna netra.

Sepulang dari pertemuan, seakan dikejar-kejar oleh mahluk yang bernama blog, selalu mengikuti kemana saya pergi, mengawasi kemana saya bersembunyi, bahkan sampai menginvasi dan melakukan penetrasi ke dalam mimpi. Saya putuskan untuk segera membuat blog lagi. Masalah kemudian muncul, mau menggunakan Blogger atau yang lain. Jika pakai Blogger keuntungannya sudah familier, tetapi rasanya juga sudah bosan, keingin petualangan baru. Lebih lagi beberapa komentar memberikan penilaian sinis, apatis bahkan sadis terhadap Blogger yang lambat loadingnya dan komentarnya sering error. Akhirnya hati ini jatuh pada Wordpress. Dua hari setelah pertemuan, tepatnya hari Senin Wage tanggal 17 Nopember 2008, dengan semangat membara serta tekat yang kuat, dengan susah lagi payah, mulailah saya membidani kelahiran blog MGMP IPA SMP/MTs kab. Kendal. Skrinsyutnya bisa dilihat pada gambar diatas. Jika berkenan silahkan segera meluncur ke TKP di mgmpipakendal.wordpress.com. Saya akan berterima kasih jika anda berkenan meninggalkan jejak kehadiran anda dengan memberikan komentar, saran, usulan, pendapat, masukan atau bahkan ejekan, caci maki, hujatan maupun sumpah serapah di buku tamu.

Komentar

  1. sekarang, pak jaitoe jadi memegang 3 admin, dong, hehehe ... mgmp bahasa indonesia sdh berkali-kali bikin blog. sdh ada tiga, hehehe ... tapi jarang ter-update juga. saya ingin memberikan adminnya ke teman, tapi belum tahu juga nih. kalau ditangani sendiri bisa repot. yang terakhir saya pakai engine wordpress dg menggunakan layanan webhost. tapi masih belum ada postingan. bisa dilihat di sini. http://bindosmp.net63.net/

    BalasHapus
  2. @pak sawali
    Iya memang, kalau terlalu banyak ngopeni blog memang repot juga. Kadang satu blog saja sering nggak keurus.

    BalasHapus
  3. Kok nggak pake Domain berbayar aja mas.... pasti lebih keren

    BalasHapus
  4. Yang komentar pertamax di posting ini sudah sangat jagoan nge-blog... Saya nggak komentar aja, langsung ke blog baru... hehe

    BalasHapus
  5. Yg komenter di atas saya jago ngeblog semua...
    Komentar saya wis di enteki...

    BalasHapus
  6. Yang komentar di atas .... yang di bawah .... yang di tengah .....

    BalasHapus
  7. Yng komentar pakai baju batik, juragane ngeblog.

    BalasHapus
  8. Komentar lagi aaach...
    *saya barusan pindah rumah pak jaitoeeee...

    BalasHapus
  9. selamat ya pak semakin banyak blognya semakin lancar tulisannya dan mudah2an rizkinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar